Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan mulai berkiprah secara global. Hal ini dilakukan dengan mengikuti Festival Indonesia ke-2 yang diselenggarakan di Hermitage Garden, Moskow, Rusia. Acara yang diselenggarakan 4-6 Agustus 2017 ini menyuguhkan berbagai produk Indonesia, mulai dari kerajinan khas Indonesia seperti batik, hingga bebagai makanan khas Indonesia. Pameran ini diisi oleh 70 kios yang tersebar di Hermitage Garden yang memiliki luas enam hektare. Kios-kios itu memajang produk dari berbagai daerah Indonesia, seperti Bali, Malang, Yogyakarta dan sebagainya. Kios-kios tersebut merupakan perwakilan dari instansi pemerintah pusat dan daerah serta perusahaan swasta dan usaha kecil menengah yang K PENULIS AGUS S. RIYANTO | FOTO ANDI ROCHADI Memulai Go International di Rusia membuka anjungan. Salah satunya adalah Koperasi MSP.

Produk UMKM mitra Koperasi MSP yang dibawa ke pameran ini seperti keripik tempe, minuman tradisional jahe merah, kopi dari berbagai provinsi, dan coklat panas. “Ternyata masyarakat Rusia sangat antusias membeli produk tersebut sehingga habis terjual,” kata Pembina Koperasi Emir Moeis di Moskow. Menurut dia, festival yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI Moskow itu merupakan keberpihakan pemerintah untuk memperkuat promosi koperasi dan usaha kecil menengah semakin nyata. Untuk itu, Koperasi MSP siap bekerja sama dengan pemerintah untuk menjadi agregator bagi pengusaha mikro kecil dan menengah untuk mempromosikan produk-produk mereka ke luar negeri. Selain di Rusia, Koperasi MSP juga akan mengikuti pameran dan promosi dagang di India, Jepang, dan Belgia. Jadwal pameran yang akan diikuti Koperasi MSP di Jepang pada 14-15 Oktober 2017.

Pameran ini rencananya akan digelar di Yoyogi Park, Tokyo Jepang. Adapun produk mitra Koperasi MSP adalah produk sektor agrikultur, maritim, manufaktur dan kerajinan. Selain pameran di luar negeri, Koperasi MSP menyelanggarakan pameran secara rutin setiap tahun di Indonesia. Tahun ini, Koperasi MSP mengadakan pameran di kartika Expo, Balai Kartini, jakarta pada 7-9 Desember 2017. Pameran kali kedua ini bertema The Authentic Taste of Indonesia dan akan diikuti oleh 300 UMKM. Mereka akan menggelar produk makanan dari seluruh penjuru nusantara, plus produk pndukung makanan seperti alat produksi makanan atau alat makan.

Follow us: