Gelar Munas Ke-2 AKURINDO, Peran Strategis Perempuan Dalam Pengembangan UMKM Sebagai Kekuatan Ekonomi Nasional

emir moeis
Munas II AKURINDO Ketua Umum Emir Moeis

Ketua Umum Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat (Akurindo) Emir Moeis menyatakan keberadaan Akurindo diharapkan dapat memperkuat UMKM guna mendukung perekonomian nasional berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Langkah tersebut dilakukan dengan mendorong peran perempuan dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia.

Hal itu disampaikan Emir Moeis saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 Akurindo Tahun 2022 di Park Hotel, Cawang, Jakarta. Acara yang dilakukan secara ofline dan online melalui aplikasi zoom meeting ini diikuti lebih dari 100 pelaku UMKM dari 20 provinsi di Indonesia, dan dilaksanakan selama dua hari, Jumat – Sabtu (25-26/2/2022).

Para pelaku UMKM dengan berbagai latar belakang usaha ini merupakan perwakilan dari 34 provinsi, seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Seluruh Provinsi se-kalimantan, Sulawesi Utara, Bali, NTB, dan NTT.

Munas yang mengambil tema “Peran Strategis Perempuan Dalam Pengembangan UMKM Sebagai Kekuatan Ekonomi Nasional” ini membahas perubahan rancangan anggaran dasar, anggaran rumah tangga (AD/ART), dan pemilihan sekaligus pelantikan pengurus baru periode 2022 – 2027.

Emir mengatakan, sektor UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi terhadap PDB mencapai sekitar 60%. Selain itu, UMKM juga menyerap tenaga kerja cukup besar, yakni 117 juta orang atau sekitar 97% dari total tenaga kerja nasional.

“UMKM memiliki daya tahan tinggi yang mampu menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global. Akurindo akan berkolaborasi dengan pemerintah membangkitkan sektor dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini,” kata Emir.

Menurut Emir, saat ini sektor UMKM tak hanya digerakan oleh kaum pria namun terdapat perempuan-perempuan tangguh yang terus berusaha meningkatkan pendapatan keluarga dengan membuka usaha di sektor ini.

“Peran perempuan sangat besar dalam pemulihan ekonomi. Ini bisa menjadi momentum kita untuk lebih mengoptimalkan peran perempuan lewat sektor UMKM dan Akurindo harus ambil bagian di dalamnya,” ujar Emir.

Leave a Comment

Your email address will not be published.